Menu Tutup

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan
A. Profil Lulusan

NoProfilDeskripsi Profil
  1.Pendidik Bahasa Inggris di Sekolah MenengahSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, kemampuan meneliti, tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang matapelajaran Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan menengah dan menengah atas, baik jalur pendidikan formal maupun non-formal, yang berkepribadian baik,transformatif, berpengetahuan luas dan inovatif di bidangnya serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
 2.Pengusaha Dalam Bidang PendidikanSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, tanggung jawab sebagai wirausahawan di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan program, mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan.
  3.Penerjemah  Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai penerjemah yang terampil dalam menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya.

B. Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan

Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)Dimensi
CPL 1Lulusan mampu menunjukkan kepribadian yang berakhlak dan berintegritas melalui proses pembelajaran yang menghargai kebhinekaan Indonesia dan nilai-nilai kepesantrenan.Sikap
CPL 2Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif melalui proses pembelajaran yang menekankan etika akademis ilmiah.Keterampilan Umum
CPL 3Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep dan teori Bahasa Inggris melalui proses pembelajaran ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan pedagogi secara kritis dan reflektif.Pengetahuan +Keterampilan Khusus
CPL 4Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode yang inovatif melalui proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) terkait dengan pemahaman peserta didik dan pembelajaran yang mendidik.Keterampilan Khusus
CPL 5Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode yang inovatif melalui proses pembelajaran bidang kewirausahaan (edutechnopreneur).Keterampilan Khusus

C. Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan Dan Profil Lulusan

Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan dan Profil Lulusan
PendidikanCPL 1, CPL 2, CPL 3, CPL 4
WirausahawanCPL 1, CPL 2, CPL 3, CPL 5

D. Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan

1. Deskripsi Sikap

S1bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan;
S7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2. Deskripsi Pengetahuan

P1Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima;
P2Menguasai strategi pemahaman teks bahasa Inggris lisan dan tulis (listening dan reading comprehension) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan;
P3Menguasi strategi berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tulis (speaking dan writing) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan.
P4Menguasai konsep linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan);
P5Menguasai pemahaman lintas budaya dan sastra Inggris;
P6Mampu menguasai integrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pengembangan kurikulum dalam pembelajaran Bahasa Inggris;
P7Mampu menguasai instructional design yang meliputi tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan; dan
P8menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian terkait pembelajaran, ilmu kebahasaan, kesusastraan Bahasa Inggris, serta mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi. (SNDIkti 3/ 2020).
P9Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
P10Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media ajar dan penulisan buku ajar bahasa Inggris;
P11Menguasai bahasa Inggris dalam konteks bisnis;
P12Menguasai prinsip-prinsip penerjemahan yang berterima;
P13Menguasai Konsep dasar kewirausahaan dan sikap pribadi wirausah
P14Menguasai keilmuan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dan mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dalam pergaulan dunia Internasional.

3. Deskripsi Keterampilan Umum

KU1mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya erdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10Mampu membuat desain kewirausahaan dan mengaplikasikan pengelolaan bisnis untuk memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera

4. Deskripsi Keterampilan Khusus

KK1Mampu menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
KK2Mampu memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik;
KK3Mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik agar mereka dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat.
KK4Mampu menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
KK5Mampu menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan;
KK6Mampu menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris;
KK7Mampu memilih secara tepat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
KK8Mampu menerapkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran berdasarkan kebijakan kurikulum yang berlaku;
KK9Mampu memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
KK10Mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi;
KK11Mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris (i.e., content dan media pembelajaran);
KK12Mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha terkait dengan pemanfaatan kemampuan Bahasa Inggris lulusan (i.e., media massa, pariwisata, terjemahan, pementasan seni dan budaya).