Capaian Pembelajaran Lulusan
A. Profil Lulusan
No | Profil | Deskripsi Profil |
1. | Pendidik Bahasa Inggris di Sekolah Menengah | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, kemampuan meneliti, tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang matapelajaran Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan menengah dan menengah atas, baik jalur pendidikan formal maupun non-formal, yang berkepribadian baik,transformatif, berpengetahuan luas dan inovatif di bidangnya serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
2. | Pengusaha Dalam Bidang Pendidikan | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, tanggung jawab sebagai wirausahawan di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan program, mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan. |
3. | Penerjemah | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai penerjemah yang terampil dalam menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya. |
B. Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan
Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Dimensi | |
CPL 1 | Lulusan mampu menunjukkan kepribadian yang berakhlak dan berintegritas melalui proses pembelajaran yang menghargai kebhinekaan Indonesia dan nilai-nilai kepesantrenan. | Sikap |
CPL 2 | Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif melalui proses pembelajaran yang menekankan etika akademis ilmiah. | Keterampilan Umum |
CPL 3 | Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep dan teori Bahasa Inggris melalui proses pembelajaran ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan pedagogi secara kritis dan reflektif. | Pengetahuan +Keterampilan Khusus |
CPL 4 | Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode yang inovatif melalui proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) terkait dengan pemahaman peserta didik dan pembelajaran yang mendidik. | Keterampilan Khusus |
CPL 5 | Lulusan mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep, teori, dan metode yang inovatif melalui proses pembelajaran bidang kewirausahaan (edutechnopreneur). | Keterampilan Khusus |
C. Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan Dan Profil Lulusan
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan dan Profil Lulusan | |
Pendidikan | CPL 1, CPL 2, CPL 3, CPL 4 |
Wirausahawan | CPL 1, CPL 2, CPL 3, CPL 5 |
D. Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan
1. Deskripsi Sikap
S1 | bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
S10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
2. Deskripsi Pengetahuan
P1 | Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima; |
P2 | Menguasai strategi pemahaman teks bahasa Inggris lisan dan tulis (listening dan reading comprehension) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan; |
P3 | Menguasi strategi berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tulis (speaking dan writing) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan. |
P4 | Menguasai konsep linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan); |
P5 | Menguasai pemahaman lintas budaya dan sastra Inggris; |
P6 | Mampu menguasai integrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pengembangan kurikulum dalam pembelajaran Bahasa Inggris; |
P7 | Mampu menguasai instructional design yang meliputi tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan; dan |
P8 | menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian terkait pembelajaran, ilmu kebahasaan, kesusastraan Bahasa Inggris, serta mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi. (SNDIkti 3/ 2020). |
P9 | Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan; |
P10 | Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media ajar dan penulisan buku ajar bahasa Inggris; |
P11 | Menguasai bahasa Inggris dalam konteks bisnis; |
P12 | Menguasai prinsip-prinsip penerjemahan yang berterima; |
P13 | Menguasai Konsep dasar kewirausahaan dan sikap pribadi wirausah |
P14 | Menguasai keilmuan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dan mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dalam pergaulan dunia Internasional. |
3. Deskripsi Keterampilan Umum
KU1 | mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 | mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya erdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU4 | menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 | mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 | mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU8 | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
KU9 | mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU10 | Mampu membuat desain kewirausahaan dan mengaplikasikan pengelolaan bisnis untuk memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera |
4. Deskripsi Keterampilan Khusus
KK1 | Mampu menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; |
KK2 | Mampu memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik; |
KK3 | Mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik agar mereka dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
KK4 | Mampu menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan; |
KK5 | Mampu menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan; |
KK6 | Mampu menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris; |
KK7 | Mampu memilih secara tepat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran; |
KK8 | Mampu menerapkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran berdasarkan kebijakan kurikulum yang berlaku; |
KK9 | Mampu memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar; |
KK10 | Mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi; |
KK11 | Mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris (i.e., content dan media pembelajaran); |
KK12 | Mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha terkait dengan pemanfaatan kemampuan Bahasa Inggris lulusan (i.e., media massa, pariwisata, terjemahan, pementasan seni dan budaya). |